Merawat & menyetel Busi Motor

hari ini saya coba berbagi bagaimana merawat & menyetel busi, pasti ada yang bertanya kenapa harus distel kan bawaan pabrik sudah bagus??? woh oh, sebuah lotaran sulit terjawab kan, oke lah sedikit info dari saya, busi jika ada yang belum tau, inilah bentuknya:


nah sudah tau kan, karna abis selesai memperbaiki motor aja ne, jadi ingin berbagi kepada sobat, jadi yang saya lakukan di pagi ne pada busi motor saya yaitu mencoba mengecek celah pengapian atau busi seperti halnya gambar diatas, kenapa mesti dicek pastinya kan ukurannya masih sama??? oh untuk saya tidak, saat anda membuka busi padahal niat ingin membersihkan bukan, tapi tanpa disangkan ukuran kepala busi menurun alias tidak lagi bawaan dari pabrik, anda bisa mengukurnya...

kenapa bisa begitu??? karna busi motor yang dipakai sering mengalami per aduan dari piston anda yang compresi yang besar menyebabkan busi turun beberapa senti, setau saya ukuran bawaan pabrik berkisar 0,6 mm tapi saat telah terpakai saya ukur ko menjadi 0,4 hingga akhirnya saya taikan kembali deh, mungkin diantara sobat sudah mengalaminya...

Ingat.... Ketika mengganti busi, sebaiknya perhatikan juga gap atau celah antara elektroda dengan kepala busi. Sebab, ada ukuran yang dianjurkan oleh pabrikan. Misal, 0,6 mm. Jadi, jangan terlalu rapat. Juga, tidak boleh terlalu renggang.

Apalagi kalau terlalu renggang. Kondisi itu bisa menyebabkan terjadinya missfire. Letikan api, tidak bisa mencipta pembakaran sempurna. Akhirnya, stasioner atau idle jadi enggak stabil. 

Juga bisa bikin koil cepat mati. Karena gap renggang, koil dipaksa bekerja lebih keras. Begitu juga jika terlalu rapat. Putaran mesin bisa menjadi lebih berat dan bikin panas... satu lagi kalo untuk membersihkannya cukup rendam dengan bensin sektar 10 menit lalu gunakan amplas halus untuk membesihkan pinggiran & dalamennya... nah itu saja perbaikan untuk busi sobat, semoga motor sobat lebih awat lagi & Semoga Bermanfaat di pagi ini apa lagi yang ingin berangkat kerja atau kuliah, g ada salahnya untuk periksa kendaraan sobat sebelum mengalami kondisi buruk ditengah jalan....eeeeeee

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan ada pertanyaan?? ajukan disini...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More