Edisi Terbaru Untuk Ubuntu Linux 11.04

Sebuah edisi baru dari Ubuntu setiap enam bulan tiba, membawa codename bintang baru. Yang terbaru dari versi 11.04 (mencerminkan rilis April 2011), dikenal teman-temannya sebagai Natty Narwhal.


Anda akan melihat satu perubahan bahkan sebelum men-download installer: Edisi Netbook telah pensiun, jadi ada sekarang hanya satu ISO untuk semua komputer di rumah. Ini adalah tindakan yang bijaksana; satu instalasi standar membuat hidup lebih mudah untuk pemula dan pengembangnya.

Boot ke Ubuntu 11.04 dan Anda akan melihat perubahan lain. Desktop Gnome telah digantikan oleh antarmuka Persatuan yang membuat penampilan pertamanya di Edisi Netbook 10.10. Anda masih dapat menginstal Gnome, atau download distribusi berbasis Xfce Xubuntu, namun Persatuan sekarang default. ini merupakan perubahan yang kontroversial, tapi kami rasa itu perbaikan.

Launcher di sisi layar jauh lebih mengundang dari menu niggly Gnome, dan itu membuat lebih baik menggunakan layar lebar. Cara kerja ikon - klik untuk memulai, klik kanan untuk opsi - akan datang secara alami kepada siapa pun akrab dengan Windows 7 atau OS X. tombol Ubuntu di kiri atas layar membuka indeks dicari file dan aplikasi, yang akan menjadi familiar bagi siapa pun yang menggunakan Spotlight pada Mac atau kotak pencarian Windows.



Sinkronisasi adalah berkat jasa lebih mudah diakses ke Panel Kontrol Satu Ubuntu baru
Persatuan itu sendiri telah dimeriahkan sejak netbook-satunya. Ikon peluncur yang lebih berwarna dan rinci dari pada sebelumnya, meskipun latar belakang tetap abu-abu yang menyedihkan bahkan jika Anda memilih tema desktop berwarna cerah. Dan Launcher sekarang menyembunyikan ketika Anda mengatur sebuah aplikasi untuk modus layar penuh, yang dapat dilakukan dengan menyeret ke bagian atas layar, persis seperti di Windows 7. Ini bekerja pada netbook serta berukuran penuh di PC, dan pengguna netbook dapat menyimpan file ke desktop sebuah pilihan putus asa dinonaktifkan di v10.10.
Menu bar utama telah diperbarui, sehingga menu aplikasi sekarang dapat muncul di sini, Mac gaya. Ini merupakan perubahan kecil, tetapi menghemat ruang layar dan menambah rasa menyambut koherensi. Perubahan antar muka terakhir terkenal adalah dukungan untuk antar muka multitouch. Unity tombol-driven desain sudah lebih cocok dari Gnome ke jari-driven perangkat; dan fitur riang bernama Cinta Menangani menambahkan sentuhan ramah kontrol untuk bergerak dan ukuran jendela. Kami tidak bisa mendapatkan ini untuk bekerja, tapi mudah-mudahan update yang akan memperbaikinya.
Bagi kami, update paling signifikan untuk pertanyaan bukan Kesatuan fitur, tapi kinerja. Bahkan pada sebuah netbook penuaan, Persatuan merasa lebih responsif dari pada Edition Netbook 10.10. Kami melihat peningkatan tertentu ketika mencari file dan program dengan menggunakan tombol Ubuntu. Sebelumnya, jendela pencarian mengambil kedua atau lebih muncul, sekarang muncul hampir seketika, dan hasil sering muncul sebelum Anda selesai mengetik.
Dalam hal aplikasi, update paling menarik di sini adalah Panel Kontrol Satu Ubuntu. Meskipun awan sistem penyimpanan Canonical bukanlah hal yang baru, antarmuka grafis terakhir membuat pelayanan - termasuk file sinkronisasi, kontak dan bookmark - mudah digunakan. Di masa depan, alat OneConf Ubuntu dapat diintegrasikan juga, memungkinkan pengaturan seluruh aplikasi Anda untuk dicerminkan di PC, tapi ini belum datang.

Antarmuka bersamaan dikedua desktop dan netbook instalasi, sederhana dan menarik.

Selain itu, Canonical telah hanya tweak paket software. OpenOffice.org telah membuang mendukung LibreOffice - tapi karena suite yang terakhir adalah spin-off terbaru dari mantan, perbedaan yang kecil. Pemutar musik standar telah berubah juga, dari Rhythmbox untuk Banshee, yang lagi-lagi menawarkan fitur yang sama tetapi dalam antarmuka bersih.

Tentu saja, Anda dapat menginstal mana pemain, browser dan sebagainya yang Anda inginkan dari aplikasi Software Centre. Di sini, meskipun, Anda mengalami salah satu kelemahan abadi Ubuntu: perpustakaan software tetap menjadi bauran membingungkan, dengan konsistensi minimal dan kontrol kualitas. Faktor kurangnya standar industri alat-alat seperti Outlook, Excel, Photoshop atau Final Cut, dan itu jelas bahwa, untuk berbagai tujuan, menempel ke Windows atau OS X akan memberi Anda sebuah perjalanan yang mudah.

Bagi kalian yang senang di dunia Linux, bagai manapun, Ubuntu 11.04 adalah rilis yang paling menarik dan perbaikan kinerja adalah anugerah untuk netbook. Pengguna rilis yang lebih tua akan ingin meng-upgrade langsung memeriksa website untuk software yang tidak kompatibel atau perangkat keras, kemudian masukkan "update-manager-d" di Terminal untuk melakukan upgrade di tempat untuk Linux, antar muka baru membuatnya lebih menggoda dari pada sebelumnya untuk mengambil Ubuntu untuk test drive.

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan ada pertanyaan?? ajukan disini...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More